OPTIMASI SEO ON PAGE : PART 1

14.37
Advertisement
Dua tahun lebih blog ini tidak terurus karena ada pekerjaan lain (Toko Online) yang memerlukan fokus sehingga blog ilmuinternetmarketinggratis.blogspot.com ini terlantar begitu saja bagaikan anak yang terbuang, he he he . . . tapi saya juga masih ingat janji saya untuk melanjutkan posting tentang SEO, jadi di postingan kali ini saya akan berbagi tentang Optimasi On Page Seo.
Walaupun saya bukanlah seorang pakar SEO tetapi saya akan mencoba berbagi dari sedikit ilmu yang saya pahami tentang seo.
Pada postingan sebelumnya saya sudah memberi gambaran bahwa SEO yang baik itu sudah harus diterapkan saat Anda mulai membangun sebuah blog, misalnya mulai dari riset keywoard untuk menentukan kata kunci, dan menggunakan kata kunci tersebut untuk nama domain atau nama blog.
Sebenarnya menurut Google, ada lebih dari 200 faktor yang digunakan dalam menentukan ranking sebuah blog di SERP (Search Engine Result Page), tetapi tentu saya tidak akan membahas semuanya, karena yang penting adalah mengerti bagian-bagian penting yang paling utama itu sudah bisa membantu dalam meningkatkan SERP blog Anda.
Sekarang mari kita melihat faktor apa saja yang penting dalam melakukan optimasi on page seo ini menurut Google, dan saya berharap pembahasan ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang mungkin masih pemula dan masih awam dalam melakukan optimasi on page seo.

Menyangkut apa sajakah Optimasi On Page SEO tersebut ? :
Judul Postingan
Dalam memberi judul untuk sebuah postingan alangkah baiknya mengandung kata kunci (Keywoard) yang ditargetkan sehingga bisa dengan mudah ditemukan saat orang mencari kata kunci tersebut di search engine, tetapi tentu Anda juga harus memikirkan bagaiman merangkai kata kunci tersebut dalam sebuah kalimat yang menarik perhatian orang untuk mengkliknya.
Judul postingan yang mengandung kata kunci atau keyword tentu akan mendapatkan ranking yang lebih baik di serp, misalnya kata kunci atau keywoard yang Anda targetkan adalah “sukses bisnis online” maka kata kunci tersebut harus bisa Anda kembangkan menjadi sebuah kalimat yang menarik minat orang, saat orang tersebut membaca apa yang Anda tulis.
Sebagai contoh Anda bisa saja membuat sebuah kalimat yang merangsang rasa ingin tahu setiap orang. Misalnya kalimatnya seperti ini “ Mau Sukses Bisnis Online Ini Rahasianya”.
Jadi sekarang Anda sudah mulai bisa membayangkan bagaimana caranya membuat sebuah judul postingan yang bisa meningkatkan ranking di search enggine.
Nama Domain
Nama domain untuk sebuah blog akan sangat mendukung dalam SEO, dan ini adalah poin penting dalam optimasi sebuah blog. Jadi misalnya Anda ingin membuat blog tentang bisnis online maka alangkah baiknya Anda membeli nama domain dengan nama “bisnisonline.com” atau kalau sudah ada yang lebih dulu menggunakannya, maka Anda bisa kembangkan menjadi “suksesbisnisonline.com”.
Inilah yang sering disebut sebagai keywoard on domain, artinya ada kata kunci yang terdapat didalam domain tersebut. Dengan demikian akan semakin meringankan pekerjaan Anda dalam melakukan Optimasi blog Anda.
Meta Description (Deskripsi)
Dalam sebuah blog harus didukung oleh penulisan meta description yang baik, artinya deskripsi blog harus ditulis dengan kalimat singkat yang bisa menggambarkan isi blog Anda, dan penulisan meta description ini harus tetap mengandung kata kunci atau keywoard seperti yang Anda pakai pada domain.
Menurut banyak master SEO, meta description tidak lagi memiliki pengaruh terhadap ranking sebuah blog di search engine namun dari pengalaman saya selama ini yang sering mencoba beberapa kali mengganti meta description untuk salah satu website toko onlineku, ternyata memberi kesimpulan bahwa meta description yang baik akan ikut mempengaruhi peringkat sebuah blog di search engine.
Apa yang saya kemukakan ini adalah pengalaman pribadi dan sekali lagi saya bukan pakar SEO, jadi mungkin saja saya bisa salah tetapi itulah yang terjadi untuk website toko onlineku, dimana dengan memasang meta description yang baik sesuai target kata kunci atau keywoard, bisa membuat website tersebut tetap ada di page one atau halaman pertama.
Ok biar postingannya tidak kepanjangan, kita sambung lagi ya di Optimasi Seo On Page : part 2. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sahabat online semuanya.
Previous
Next Post »

3 komentar

  1. Terima kasih informasinya gan, memang optimasi seo itu harus kita terapkan untuk blog kita, biar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali gan sudah berkunjung.

      Hapus
  2. ikut nyimak mas bro nambah ilmunya.

    BalasHapus