CARA RISET KEYWORD DENGAN GOOGLE KEYWORD TOOL

08.05
Advertisement
Setelah pada postingan sebelumnya yaitu pada pelajaran ke 6 kita belajar bagaiman membuat sebuah email dengan Gmail, maka saat ini sebelum kita masuk kepada proses pembuatan sebuah blog gratis dengan blogspot, saya ingin memandu Anda terlebih dahulu untuk belajar bagaimana caranya melakukan riset keyword atau riset pasar, dengan mempergunakan tools gratis yang disediakan oleh Google yaitu; Google Keyword Tool.

Tujuan utama dari riset keyword atau riset pasar ini adalah; untuk melihat berapa banyak jumlah pencarian setiap bulan terhadap produk yang sudah kita tentukan untuk dijual secara online tersebut. Selain itu dengan melakukan riset maka kita akan dapat menentukan keyword mana atau kata kunci mana yang tepat, yang juga dapat dijadikan nama domain dari blog yang akan kita buat.

Mungkin Anda bertanya mengapa nama blognya harus mengandung kata kunci, dan mengapa tidak kita pakai saja nama sesuai nama keinginan kita sendiri ?. Ingat bahwa saat ini kita mau melakukan penjualan secara online dan bukan secara offline. Oleh sebab itu alangkah baiknya saat membuat blog nama domain dari blog tersebut mengandung kata kunci yang kita temukan saat melakukan riset, karena yang akan kita jangkau adalah calon pembeli yang mencari produk yang akan kita jual dengan kata kunci tersebut.

Pemakaian nama domain yang tepat akan sangat membantu blog Anda untuk mendapatkan free trafic di search engine.


Lalu caranya bagaiman ?, ikuti angkah-langkah dibawah ini.

01. Anda buka pada browser, Google.co.id atau klik saja link ini:  www.google.co.id

02. Ketik didalam kotak penelusuran Googke keyword tool, tekan Enter. lihat Gambar 1 dibawah ini dalam lingkaran merah.
03. Klik link Google Keyword Tool yang ada di urutan pertama untuk membukanya. Lihat Gambar 2 dibawah ini. Perhatikan dalam lingkaran merah.

04. Setelah halaman yang akan dipakai untuk melakukan Riset Keyword terbuka, lakukan sign in terlebih dahulu dengan menggunakan email gmail yang sebelumnya sudah Anda buat. Lihat Gambar 3 dibawah ini. Klik Sign in di pojok kanan atas. Perhatikan tanda panah merah.

05. Masukan Email & Password dengan benar pada kotak Sign in kemudian Klik Sign in tombol berwarna biru. Lihat Gambar 4 dibawah ini.

06. Sekarang centang kotak Only show ideas closely related to my search terms, dan untuk menentukan pasar mana yang akan kita tuju, dalam hal ini kita akan memilih pasar indonesia maka Klik tanda tambah pada tulisan Advanced Options and Filters. Lihat Gambar 5 dibawah ini. Perhatikan dalam kotak merah.

07. Setelah terbuka, lihat tulisan Locations and languages, dan disebelah kanan sudah terbuka dua kotak untuk memilih lokasi dan bahasa yang akan kita pakai sebagai tujuan pasar yang kita inginkan. Pada kotak tersebut, Lakukan scroll kebawah untuk mencari lokasi dan bahasa Indonesia. Lihat Gambar 6 dibawah ini dalam kotak merah.

08. Setelah itu Anda mulai menuliskan beberapa kata kunci dalam kotak Word or phrase, misalnya untuk produk sepatu, Anda bisa menuliskan: sepatu, sepatu murah, sepatu cibaduyut, sepatu grosir, toko sepatu murah, dll. Tuliskan saja sesuai keinginan Anda. Bila sudah dituliskan Klik tombol Search yang berada dibagian bawah. Lihat gambar 7 dibawah ini, mulai dari  kotak merah 1 dan kotak merah 2.

09. Anda perhatikan sekarang telah terbuka sebuah daftar yang yang berisi jumlah pencarian yang dilakukan di internet dengan kata kunci yang Anda ketik diatas. Perhatikan Gambar 8. Pada bagian atas adalah jumlah pencarian sesuai kata kunci yang Anda ketikan, sedangkan pada bagian bawah adalah google memberikan juga ada begitu banyak data terkait sesuai dengan kata kunci tersebut.

10. Untuk mendownload semua daftar kata kunci tersebut, terlebih dahulu Centang kotak keyword yang atas dan yang bawah. Perhatikan Gambar 9 dibawah ini, saya berikan kotak merah 1 dan kotak merah 2.

11. Bila semua sudah terseleksi Klik tombol Download dan pilih selected. Lihat Gambar 10 dibawah ini, perhatikan kotak merah.

12. Sekarang Klik Download. Lihat Gambar 11 dibawah ini.

13. Sekarang telah terbuka daftar kata kunci pada Excel, seperti Gambar 12 dibawah ini.

14. Anda bisa save kata kunci tersebut untuk disimpan, supaya saat membuat blog nanti Anda sudah memiliki data kata kunci yang dapat dijadikan nama domain untuk blog yang akan Anda buat. Alangkah baiknya Anda mensortir kembali beberapa kata kunci saja yang akan dipakai sesuai banyaknya jumlah pencarian. Setelah disortir buatlah sebuah daftar kata kunci yang benar-benar akan Anda gunakan. Lihat Gambar 13 dibawah ini. Saya telah mensortir kata-kata kunci tadi dan membuat sebuah daftar kata kunci baru dengan jumlah pencariannya sesuai  target yang diinginkan.

Ada banyak cara untuk melakukan Riset keyword, baik dengan Tools gratis maupun Tools yang berbayar, dan ini hanyalah salah satu cara sederhana yang saya tunjukan, bagaimana caranya Anda melakukan Riset Keyword dengan mempergunakan Tools gratis yang disediakan oleh Google.

Dengan cara ini maka akan membantu Anda untuk mengetahui jumlah pencarian di internet terhadap sebuah produk yang ingin Anda jual secara online. Ok mudah-mudahan cara sederhana ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa pada postingan berikutnya yaitu cara membuat blog gratis dengan blogspot.

Salam sukses untuk Anda, Ilmu Internet Marketing Gratis. 21042012.



  

 
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Terimakasih sudah berbagi informasi dengan orang banyak. Jika anda ingin meningkatkan skill digital marketing anda, telah hadir Kursus Digital Marketing Pekanbaru untuk membantu anda menunjang skill anda

    BalasHapus