OPTIMASI SEO ON PAGE : PART 3

23.19
Advertisement
Pada dua postingan sebelumnya kita sudah banyak membahas tentang Optimasi SEO On Page, yang dibagi menjadi Part 1 dan Part 2, oleh sebab itu sekarang ini kita akan melanjutkan pembahasan ini yaitu Optimasi SEO On Page Part 3. Saya berharap teman-teman masih bisa mengikutinya, walaupun pembahasan ini secara sederhana, apalagi seperti yang sudah saya sebuatkan bahwa saya bukanlah seorang pakar SEO jadi yang saya bahas adalah pengalaman saya dalam membangun blog sendiri, baik blog biasa atau toko online.

Bagi teman-teman yang belum sempat membaca untuk pembahasan sebelumnya alangkah baiknya teman-teman membacanya secara beruntun supaya tidak ada yang terlewatkan.

·         Optimasi SEO On Page Part1
·         Optimasi SEO On page Part2

Ok sekarang kita lanjutkan untuk pembahasan Optimasi SEO On Page Part 3 ini.

Gambar Dalam Postingan
Sudah menjadi lasim sebuah postingan pada blog selalu diberikan gambar, dengan tujuan supaya blog tersebut terlihat lebih menarik, dan juga gambar yang dipakai bisa memwakili atau gambaran dari sebuah judul postingan.
Kalau teman-teman terbiasa memakai gambar untuk sebuah postingan maka alangkah baiknya buatlah nama gambar tersebut dengan nama sesuai judul postingan, atau nama gambar tersebut alangkah baiknya diberikan nama yang mengandung keywoard yang teman-teman bidik.

Contoh misalnya teman-teman menulis sebuah artikel tentang “sukses bisnis online”, maka alangkah baiknya gambar yang dipakai di rename menjadi “sukses bisnis online” karena seringkalai di search engine orang mencari bukan saja web atau blognya tetapi mereka mencari juga gambar. Jadi bila mereka mencari gambar tentang sukses bisnis online maka akan sangat mungkin mereka akan menemukan gambar yang teman-teman pakai pada postingan dengan nama sukses bisnis online tersebut, dengan demikian ada kemungkinan mereka akan klik gambar tersebut yang link-nya akan menuju ke blog teman-teman semua.
Penempatan Posisi Keyword
Usahakan dalam setiap postingan pada paragraf pertama harus terdapat keywoard utama atau primary keywoard yang teman-teman bidik, hal ini bertujuan supaya robot mesin pencari akan lebih menemukan keywoard yang teman-teman masukan pada kalimat artikel yang ada pada paragraf pertama tersebut.
Pada paragraf kedua usahakan untuk memasukan secondary keywoard, supaya bisa mendukung keywoard utama, namun keywoard ini tentu adalah keywoard yang masih terkait dengan keywoard utama. Hal yang sama juga dilakukan untuk paragraf berikutnya dengan memakai keywoard turunan lainnya, tetapi ingat harus tetap keywoard tersebut masih berkaitan dengan tema postingan yang teman-teman buat.
Perhatikan Jumlah Link Keluar
Jumlah link keluar atau outbound Link atau yang sering juga disebut sebagai external link, sedapat mungkin harus dihindari, jadi jangan terlalu banyak link keluar yang berlebihan dipasang pada sebuah postingan atau pada halaman blog teman-teman.
Kenapa demikian . . ?. Karena sebuah halaman blog yang terlalu banyak mengarahkan link keluar akan terkesan dimata search engine seperti melakukan spamming. Jadi buat teman-teman yang sering memberikan link keluar maka sebaiknya bisa dikurangi dengan cara melihat link keluar yang tidak terlalu penting ada baiknya pakailah kode rel="nofollow".
Tujuan lain dari mengurangi link keluar adalah, teman-teman tidak pernah tahu bahwa sebuah blog yang dinilai tidak baik dimata search engine seperti Google itu seperti apa. Artinya kalau teman-teman memberikan link keluar terlalu banyak dan kebetulan link keluar itu menuju sebuah blog yang dimata Google itu website atau blog yang dianggap berbahaya maka akan ikut berpengaruh pada blog teman-teman yang bisa dianggap juga sebagai blog yang berbahaya atau blog yang sering melakukan spamming.
Pemakaian Theme
Bila teman-teman ingin membangun sebuah blog yang nantinya akan di gunakan sebagai blog utama yang bisa menghasilakan uang maka saya menyarankan teman-teman untuk memakai Theme yang SEO frienly dengan loading yang cepat.
Kenapa . . ? Karena blog yang mempunyai kecepatan loading yang cepat sangat disukai oleh Google, karena Google mempunyai visi tentang internet yang cepat, selain itu kecepatan loading sebuah blog atau website adalah salah satu faktor SEO on page untuk menentukan ranking sebuah blog atau website tersebut pada search engine.
Contohnya begini, seringkali saat ada orang yang mencari atau teman-teman sendiri mencari sebuah informasi di search engine maka blog atau web yang loadingnya lama akan ditutup dan teman-teman akan beralih kepada blog yang loadingnya cepat, ini biasanya terjadi bila kita membuka beberapa blog secara bersamaan, maka kita akan selalu memilih blog mana yang sudah terbuka terlebih dahulu bukan ?.
Saran saya pakailah Theme yang benar-benar profesional dan juga SEO friendly, oleh sebab itu kalau teman-teman mau serius untuk ngeblog dan bisa menghasilkan maka teman-teman harus mau untuk mengeluarkan sedikit uang untuk membeli sebuah theme yang profesional dan SEO friendly.
Ok, teman-teman itulah yang bisa saya bagi tentang bagaimana kita bisa melakukan Optimasi SEO on Page untuk sebuah blog yang kita bangun.
Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman semua.



Previous
Next Post »

1 komentar

  1. Ada rekomendasi utk pemilihan theme dan bisa dijelaskan lbh detail utk iframe, trimakasih

    BalasHapus